Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar, Jl. A.P. Pettarani. (Foto: Ist)
Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar, Jl. A.P. Pettarani. (Foto: Ist)
Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar, Jl. A.P. Pettarani. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Husain Syam menyampaikan akan mendirikan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA). Husain mengatakan proposal pembentukan fakultas tersebut kini tengah dalam tahap penyelesaian.

“Proposalnya tengah dalam proses, setelah selesai kita secepatnya kirim ke Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Jika tidak ada hambatan tahun depan kita bangun secepatnya,” katanya, Jumat (10/3).

Lanjut, Guru Besar Teknologi Pertanian ini menambahkan, alasan dibentuknnya Fakultas Ilmu Administrasi lantaran melihat animo mahasiswa yang sangat antusias. Sekaligus membuka peluang kerja bagi tenaga pendidikan administrasi yang dinilai minim saat ini.

“Tugas universitas ialah mengembangkan pendidikan. Ini lah salah satunya. Kami ingin UNM bisa menjadi gudang pencetak guru khususnya dibidang Ilmu Administrasi,”tambahnya.

Sementara itu, Guru Besar Ilmu Administrasi, Haedar Akib berujar akan membuka beberapa Program Studi (Prodi) pendidikan dan non pendidikan. Tak hanya itu, gambar denah fakultas pun dirampungkan.

“Prodi yang telah ada sekarang tetap kita akan utamakan untuk mengisi prodi jika fakultas telah ada. Lokasi fakultas rencana awal akan menempati gedung Fakultas Ilmu Sosial di lantai satu,”ujarnya.

Namun, Haedar Akib membeberkan, salah satu kendala yang dihadapi saat ini ialah kebijakan moratorium dari Kemenristekdikti. Hal ini berdampak pada ketidaktentuan jadwal pendirian Fakultas Ilmu Administrasi.

“Itu bukan kendala utama. Hanya ditunda, tapi kami tetap optimis fakultas ini akan berdiri. Sembari menunggu moratorium dicabut, saat ini kami melengkapi dokumen persyaratan pendirian fakultas yang tinggal sedikit lagi,” bebernya. (*)


*Reporter: Resa Saputra