Dekan FPsi UNM, Muhammad Jufri saat membuka acara Festival Anak Berkebutuhan Khusu di Pelataran Menara Pinisi, Sabtu (4/3) - (Foto: Resa Saputra - Profesi)
Dekan FPsi UNM, Muhammad Jufri saat membuka acara Festival Anak Berkebutuhan Khusu di Pelataran Menara Pinisi, Sabtu (4/3) - (Foto: Resa Saputra - Profesi)
Dekan FPsi UNM, Muhammad Jufri saat membuka acara Festival Anak Berkebutuhan Khusu di Pelataran Menara Pinisi, Sabtu (4/3) – (Foto: Resa Saputra – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Dekan Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM), Muhammad Jufri mengatakan orang tua semestinya memberikan perhatian khusus pada anak penyandang disabilitas. Hal ini disampaikan saat di Festival Anak Berkubutuhan Khusus di Pelataran Menara Pinisi, Sabtu (4/3).

Ia menjelaskan, perhatian khusus pada anak penyandang disabilitas itu sangat penting. Peran orang tua pun harus baik dalam merawat anak mereka.

“Orang tua harus lebih terbuka untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana memberikan perhatian khusus kepada anak-anaknya,” ujarnya, Sabtu (4/3).

Menurutnya, mereka tidak semestinya dipandang sebelah mata karena mereka adalah titipan yang haruslah diberikan perhatian lebih.

“Orang tua jangan merasa bahwa anak-anaknya itu seakan-akan mendapatkan cobaan, Tetapi dia harus melihat bahwa itu adalah pemberian dari Allah SWT yang harus dijaga dan dirawat. Dan salah satu caranya adalah dia harus mau menemani anaknya,” pesannya saat diwawancarai reporter Profesi.

Lanjut, ia menambahkan mereka juga bagian dari kita yang seharusnya diberi wadah untuk mengembangkan bakat yang dimiliki.

“Mereka yang berkebutuhan khusus ini merupakan anak-anak kita juga yang tidak boleh disepelehkan. Disatu sisi mereka punya kekurangan, disisi lain mereka juga punya kelebihan. Inilah yang harus diberi ruang untuk mereka bisa berekspresi dan mengaktualkan apa yang menjadi prepotensinya,” tutup guru besar FPsi UNM ini. (*)


*Reporter: Noval Kurniawan