(Foto: Int)
(Foto: Int)
(Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali membuka pendaftaran Beasiswa Unggulan bagi jenjang pendidikan pascasarjana pada tahun ini. Beasiswa ini dapat diperoleh oleh mahasiswa baru maupun mahasiswa ongoing. Pendaftaran dibagi menjadi dua batch (gelombang).

Pendaftaran pada batch I telah dimulai sejak 15 Februari hingga 15 April mendatang. Sedangkan batch II akan dibuka pada 1 Juni hingga 31 Juli. Pendaftaran beasiswa dapat dilakukan secara online melalui laman buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id.
Untuk batch I, seleksi administransi dan wawancara akan berlangsung pada 16 April hingga 10 Mei. Adapun hasil seleski akan diumumkan pada 12 Mei mendatang.
Beasiswa Unggulan terdiri dari tiga jenis beasiswa, di antaranya beasiswa masyarakat berprestasi, beasiswa pegawai Kemdikbud, dan beasiswa mahasiswa asing. Beasiswa masyarakat berprestasi ditujukan bagi peraih medali/penghargaan internasional di bidang sains, penelitian ilmiah, keterampilan, seni, olahraga, dan bahasa yang dilaksanakan dan difasilitasi oleh Kemdikbud dan/atau LIPI. Selain itu, beasiswa masyarakat berprestasi juga diberikan pada masyarakat berprestasi pada tingkat nasional maupun internasional di segala bidang dan umum (kecuali dosen).
Beasiswa pegawai Kemdikbud ditujukan kepada Pegawai Negeri Sipil di lingkup Kemdikbud dan LPMP. Sedangkan beasiswa mahasiswa asing dikhususkan bagi negara yang memiliki kerja sama pendidikan dengan Indonesia. (*)


*Awal Hidayat