Penulis Novel dan Puisi, Andika saat membawakan materi "Menulis Kreatif" dalam Safari Jurnalistik di Aula SMA Negeri 1 Sinjai Utara, Sabtu (18/2) - (Foto: Wahyudin - Profesi)
Penulis Novel dan Puisi, Andika saat membawakan materi “Menulis Kreatif” dalam Safari Jurnalistik di Aula SMA Negeri 1 Sinjai Utara, Sabtu (18/2) – (Foto: Wahyudin – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Penulis kondang, Andika Mappasomba berbagi pengalaman pribadinya dalam menulis buku dalam membawakan materi Menulis Kreatif dalam kegiatan Safari Jurnalistik yang diselenggarakan oleh LPM Profesi di Kabupaten Sinjai (18/2).

Andika menegaskan, untuk menemukan inspirasi dalam menulis, hal pertama yang harus dilakukan seorang pemula ialah membaca buku. selain itu ide juga dapat muncul dengan melakukan tour ke tempat-tempat wisata.

“Cintailah buku, rajinlah membaca buku, seringlah bercerita. Hal ini akan membuat kita lebih mudah dalam menulis,” tegasnya.

Menurutnya, menulis merupakan kegiatan yang menyenangkan jika dijadikan kebiasaan. Ia berujar, tulisan fiksi maupun non fiksi dapat dimulai dari hal-hal kecil dengan menuliskan pengalaman sehari-hari.

“Sebenarnya menulis itu gampang, terserah mau diapakan. ibarat membuat nasi goreng, rasanya tergantung bumbu yang kita masukkan di dalamnya.Apalagi kalau cuma tulisan fiksi,” ujarnya.

Ia pun berharap, masyarakat Indonesia, terutama generasi muda mengembangkan budaya literasi. Hal ini dapat dilakukan dengan rajin membaca buku dan cerdas dalam membuat tulisan.

“Indonesia harusnya bisa berkiblat ke negara maju dalam hal literasi, yaitu dengan meningkatkan minat baca kita dan kebisaan menulis”, harapnya.

Kegiatan Safari jurnalistik ini diikuti oleh 12 sekolah SMA/MA se-Kabupaten Sinjai. (*)


*Reporter : Miftahul Rahmat Rauf
Editor: Ratna