Dekan Fakultas Psikologi (FPsi), Muhammad Juri. (Foto: Dok.Profesi)
Dekan Fakultas Psikologi (FPsi), Muhammad Juri. (Foto: Dok.Profesi)
Dekan Fakultas Psikologi (FPsi), Muhammad Juri. (Foto: Dok.Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Dekan Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (FPsi UNM), Muhammad Jufri menargetkan pembukaan dua Program Pascasarjana Psikologi tahun ini. Kedua program tersebut di antaranya ialah program magister psikologi dan program magister profesi psikologi. Hal itu diungkapkan Muhammad Jufri saat ditemui Selasa, (31/1) sore.

Guru Besar Bidang Psikologi Industri dan Organisasi ini mengatakan, pihak fakultas telah membentuk tim koordinasi dalam pembukaan prodi magister. “Kepanitiaan ini bertugas untuk membuat proposal pembukaan program pascasarjana, termasuk tujuh komponen berkas yang di antaranya ada tracer study,” ujarnya.
Pria asal Kepulauan Selayar ini menuturkan, tracer study merupakan studi lacakan kepada alumni-alumni Jurusan Psikologi beserta stakeholder. “Studi itu dilakukan untuk menentukan tingkat urgensi dalam mengetahui penting tidaknya dibuka suatu program,” jelasnya.
Terlepas dari studi lacakan alumni, Jufri berpendapat jumlah alumni Psikologi di Makassar dapat memungkinkan dibukanya program pascasarjana. “UNM sendiri kan tiap tahunnya ada 100-150 alumni Psikologi. Dari luar kan juga ada, di Unhas, Unibosa, dan UIT. Peluang itu yang ingin kita tangkap,” bebernya.

Selama ini, Program Pascasarjana Psikologi kebanyakan hanya tersedia pada perguruan tinggi di Jawa. “Yang di luar Jawa baru ada di USU, semoga selanjutnya bisa dibuka di UNM,” harapnya. (*)


*Reporter: Awal Hidayat