Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) angkatan 2014 Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar membuka station baca gratis di Pelataran TD, Jumat (6/12).
Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) angkatan 2014 Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar membuka station baca gratis di Pelataran TD, Jumat (6/12).

Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) angkatan 2014 Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar membuka station baca gratis di Pelataran TD, Jumat (6/12). (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) angkatan 2014 Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) membuka stasiun baca gratis. Kegiatan tersebut berlangsung di Pelataran TD, Jumat (6/12).

Salah satu pelopor kegiatan, Hatan Hamzah mengatakan, station baca ini merupakan inisiatif yang diusung bersama beberapa rekannya untuk menumbuhkan minat baca mahasiswa. Mereka memberikan wadah untuk mengembalikan budaya literasi yang mulai meredam.

“Kami ingin menumbuhkan dan mengembalikan budaya literasi. Untuk itu kami mulai dari lingkup terkecil,” katanya.

Mahasiswa yang kerap disapa Anca ini menambahkan, ruang baca ini memang telah dipersiapkan jauh hari. Agar lebih akrab dengan pembaca mereka menamainya ‘Jejak Tinta’.

“Dari kata jejak artinya peninggalan, tinta esensinya kepada tulisan. Jadi maknanya tulisan untuk dibaca, membaca untuk menulis,” tambahnya.

Warga FIP pun merespon dengan baik. Terbukti dari antusiasme mereka saat berkunjung ke lokasi. Beberapa diantara pengunjung pun menyumbang buku untuk menambah koleksi.

“Mungkin karena baru kali ini ada kegiatan sperti ini. Meskipun koleksi bukunya masih terbatas, tapi kedepan akan diusahakan,” ucapnya.

Ruang baca ini menyediakan beberapa genre buku, mulai dari pendidikan, novel, agama, filsafat, sejarah, dan lainnya. (*)


*Reporter: St Aminah

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0