Guru Besar UNM saat mengikuti pengukuhan professor di Ruang Teater Lt.3 Menara Pinisi, Selasa (27/12) - (Foto: St. Aminah - Profesi)
Guru Besar UNM saat mengikuti pengukuhan professor di Ruang Teater Lt.3 Menara Pinisi, Selasa (27/12) - (Foto: St. Aminah - Profesi)
Guru Besar UNM saat mengikuti pengukuhan professor di Ruang Teater Lt.3 Menara Pinisi, Selasa (27/12) – (Foto: St. Aminah – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Universitas Negeri Makassar (UNM) akan kukuhkan tujuh guru besar. Jadwal pengukuhan bakal digelar di tahun 2017 mendatang.

Ketua Majelis Professor, Amin Rasyid mengatakan, saat ini tujuh guru besar nantinya akan dikukuhkan tahun depan. Namun, pihaknya masih belum menentukan jadwal pengukuhan.

“Iya, insya allah,”katanya.

Sementara itu, Rektor UNM, Husain Syam menuturkan, kini guru besar di UNM terdapat di 74. Dengan pencapaian tersebut, UNM meraih peringkat ke empat Sumber Daya Manusia (SDM) terbaik.

“Saat ini jumlah guru besar yang dimiliki UNM sebanyak 74 orang. Masih ada tujuh orang yang telah berhasil meraih gelar profesor dan akan dikukuhkan tahun depan,” tuturnya saat sambutan di pengukuhan professor, Rabu (27/12)

Husain menambahkan, untuk mempertahankan pencapaian UNM, SDM perlu dikembangkan  dengan mendorong setiap dosen menulis jurnal terakreditasi. Pendampingan pun diberikan kepada dosen yang tengah menulis jurnal.

“Jumlah Doktor UNM sebanyak 312 orang, dan sekarang 183 orang sedang melanjutkan studi baik
di dalam maupun luar negeri. Diperkirakan pertengahan tahun 2018, sebanyak 70% dosen UNM
bergelar Doktor. Kami pun mewadahi para teman-teman yang masih berancang-ancang menuju guru besar,” ujarnya. (*)


*Reporter: Ratna