Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. (Foto: Dok.Profesi)
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. (Foto: Dok.Profesi)
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. (Foto: Dok.Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Dewasa ini, tingkat kebutuhan terhadap electronic book (e- book) semakin menjamur diberbagai kalangan, baik dari tingkatan pelajar, pengajar hingga masyarakat umum. Namun, publikasi e-book yang seringkali diperoleh secara berbayar, seringkali mempengaruhi minat baca e-book.

Nah, melalui situs resmi perpustakaan.unm.ac.id, UPT Perpustakaan UNM berbagi informasi 7 situs penyedia e-book legal yang bisa diakses secara gratis;

1. http://www.gutenberg.org/
Perpustakaan digital tertua yang didirikan pada 1971 oleh Michael S. Hart ini, sebagian besar koleksinya berupa naskah lengkap buku-buku domain umum. Proyek ini berupaya menyediakan semua koleksinya sebebas mungkin, dalam format yang tahan lama dan terbuka serta dapat digunakan dihampir semua komputer. Nah, sejak tahun 2013 lalu, Proyek Gutenberg telah memiliki 42.000 judul buku dalam koleksi mereka.

2. https://openlibrary.org/
Situs penyedia e-book yang dibuat oeh Aaron Swartz ini, lebih berfokus pada tampilan web. Open Librarydimaksudkan untuk menciptakan “satu halaman web untuk setiap buku yang pernah diterbitkan”. Meski begitu, Open Library merupakan proyek non profit Internet Archive dan telah didanai sebagian oleh hibah dari Perpustakaan Negara California dan Yayasan Kahle/Austin.

3. http://www.oapen.org/home
Bagi yang membutuhkan buku-buku akademis di bidang humaniora dan ilmu sosial yang bisa diakses secara bebas alias free, situs The OAPEN ini bisa jadi salah satu solusinya. Situs penyedia ebook ini juga bekerjasama dengan penerbit untuk menerbitkan koleksi buku berkualitas secara terbuka, menyediakan layanan untuk penerbit, perpustakaan dan penyandang dana penelitian di bidang penyimpanan, jaminan kualitas, diseminasi, dan preservasi digital.

4. http://www.acehbooks.org/
Seperti domainnya, situs penyedia e-book yang menawarkan buku-buku tentang Aceh. Daftar ini mengandungi lebih dari 1200 judul buku yang telah disediakan secara digital. Dengan inisiatif, KITLV (Koninklijk Instituut voor Taal-, Land- en Volkenkunde) di Leiden, situs ini dibentuk untuk menyediakan sebagian besar literatur tentang Aceh yang
tersimpan dalam perpustakaan KITLV secara digital. Tak hanya itu, sampai saat ini lebih dari 1200 file telah disediakan secara digital dalam format pdf untuk website ini.

5. http://literature.org/
Bagi pencinta karya sastra, situs penyedia e-book ini menawarkan ratusan teks penuh dan lengkap dari karya-karya klasik sastra Inggris. Untuk meningkatkan kualitasnya, saat ini situs literature.org akan terus menambahkan buku-buku literasi.

6.http://www.feedbooks.com/publicdomain
Feedbooks adalah perpustakaan digital dan awan layanan penerbitan untuk kedua domain publik dan buku aslididirikan pada bulan Juni 2007 dan berbasis di Paris , Prancis. Nah, fokus utama dari situs web ini adalah menyediakan e-buku dengan sangat typesetting berkualitas tinggi dalam beberapa format, terutama EPUB , Kindle , dan PDF format. Buku yang diterbitkan sendiri, diedit menggunakan antarmuka web yang mendukung
pembuatan catatan kaki.

7. https://archive.org/details/texts
Situs penyedia e-book satu ini, merupakan sebuah perpustakaan digital nirlaba yang memiliki misi “akses universal untuk semua pengetahuan”. Internet Archive menyediakan penyimpanan permanen dan akses publik bebas untuk koleksi bahan digital, termasuk situs web, musik, gambar bergerak, dan hampir tiga juta buku domain publik. Selain berfungsi sebagai pengarsipan, Internet Archive juga memungkinkan masyarakat untuk mengunggah dan mengunduh materi digital ke kluster data. (*)


*Tulisan ini terbit di Tabloid Profesi Edisi 208

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0