(Foto; ;Ist)
(Foto; ;Ist)
(Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Komunitas Film Mahasiswa (KOFIMA) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) bekerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan membahas film documenter karya Joshua Oppenheimer. Kegiatan ini berlangsung di di ruang Sinema Mini, Gedung Perpustakaaan UNM, Kamis (24/11).

Pendiri KOFIMA, Hendra Saputra menjelaskan, diskusi ini mengangkat film documenter karya Joshua Oppenheimer yang berjudul Jagal dan Senyap. Tujuannya untuk merefresh kembali kejadian pembantaian pada 1965 silam.

“Agar kita dapat mengulas kembali dan tidak melupakan tragedi menyakitkan  yang melanda saudara kita yang ada pada masa tersebut,” jelasnya.

Mahasiswa Teknologi Pendidikan ini menambahkan, film ini merupakan bagian dari usaha KOMNAS HAM untuk mendorong penyelesaian pelanggaran HAM di Indonesia.

“Film Jagal menyorot tentang bagaimana pelaku pembunuhan anti-PKI yang terjadi pada tahun 1965-1966, sedang Senyap menyorot seorang penyintas dan keluarganya yang di tuduh sebagai bagian dari PKI,” tambahnya.

Diskusi ini diikuti oleh mahasiswa UNM, UNHAS,UMI, UIN, serta dihadiri oleh komunitas yang berkecimpung di area perfilman. Diskusi Film ini dibawakan oleh redaktur Kalaliterasi.com, Muhajir MA (*)


*Reporter: Nurhikmawati/ Editor: St  Aminah

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0