Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina - (Foto: Ist)
55fa4bcea81bb7f2088b4568
Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina – (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Sebanyak empat mahasiswa Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) lolos seleksi Olimpiade Sains Nasional. Mereka akan mengikuti lomba tersebut di Universitas Indonesia (UI), Sabtu (19/11).

Salah satu peserta, Fadilah Insani A mengaku, terdapat empat tahap sebelum lolos. Diantaranya, seleksi online, soal open ended, proyek sains, dan seleksi final.

“Persiapan dilakukan satu bulan sebelum pengumuman lolos, karena banyak yang harus disipakan mulai dari soal open ended yang berupa makalah, proyek sains berupa proposal mengenai pemanfaatan gelombang laut sebagai pembangkit listrik,”ujarnya.

Mahasiswa Jurusan Fisika ini menambahkan OSN Pertamina sebagai wadah bagi mahasiswa untuk melihat perkembangan kemampuan akademik mereka. Tentunya, dapat membantu ilmu sains agar terus ditingkatkan.

“Menurut kami, OSN Pertamina sebagai tolak ukur kemampuan akademik maupun nonakademik sains. Hal tersebut sangat membantu scientist untuk terus berkembang,”ungkap mahasiswa angkatan 205 ini.

Ia pun menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak penyelenggara sehingga mereka berempat bisa berkompetisi di UI.

“Kami sangat bersyukur karena mendapat kesempatan ini. Apalagi ada dari kami yang baru pertama kali datang ke UI dan ikut lomba,”ucapnya.

Terakhir, ia berharap usaha yang dilakukan tidak sia-sia. Ia menargetkan mendapat juara dalam kompetisi tersebut.

“Kami berharap bisa mendapat juara dan membawa pulang piala. Tapi jangan juara 1. cukup menjuarai,”tutupnya.

Adapun tiga mahasiswa FMIPA yang ikut dalam kompetisi tersebut diantaranya, Ulfa Aulyah Idrus dari Jurusan Matematika, Ahmad Jihadi dan Firdaus Amrullah dari Jurusan Biologi. (*)


*Reporter: Salmawati/Editor: Muh. Agung Eka S