Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. (Foto: Dok.Profesi)
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. (Foto: Dok.Profesi)
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. (Foto: Dok.Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Hadirnya Electronic Journal (e-journal) maupun electronic book (e-book) sebagai penunjang pembelajaran saat ini juga menjamur di UNM. Publikasian e-jurnal dan e-book internasional dapat diakses melalui situs jurnal Emerald.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan, Oslan Jumadi mengatakan, untuk mengakses e-jurnal dan e-book internasional, kunjungi situs perpustakaan.unm.ac.id kemudian klik e-journal & e-book agar dapat terkoneksi langsung dengan situs jurnal Emerald.

“Harus masuk di web perpustakaan dulu, kemudian masuk di Emerald. Untuk mengakses Emerald juga banyak link opensource yang bisa digunakan,” ungkapnya.

Akses e-jurnal dan e-book internasional pada situs jurnal Emerald saat ini sudah menjadi milik UNM dengan layanan akses gratis disekitaran UNM.

“Disana ada akses e-journal dan e-book internasional yang sudah dibeli UNM tahun lalu dengan dana BOPTN. Itu free akses selagi di area hotspot UNM,” tambah Oslan.

Oslan menambahkan, untuk meningkatkan koleksi e-journal dan e-book internasional, tim Perpustakaan UNM terus melakukan pembaruan sumber bahan ajar digital tersebut.
“Kami sudah menyiapkan bahan pembelajaran dan penelitian sebanyak yang kami bisa saat ini, dan akan selalu bertambah,” tuturnya

Sosialisasi untuk menggunakan bahan ajar melalui akses e-journal dan e-book internasional pun telah digerakkan kesetiap dosen untuk diaplikasikan dalam proses belajar mengajar.

“Untuk sosialisasi ke dosen, juga sudah kami kirimkan surat penyampaian akses jurnal, baik yang UNM langgan maupun Kemenristekdikti langgan,” tambah dosen Biologi ini.

Dosen FMIPA tersebut berharap fasilitas kampus seperti pelayanan akses jurnal tersebut bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa.

“Kita harap pengguna dan sivitas akademika terutama mahasiswa disarankan aktif akses, sehingga mutu pembelajaran, penelitian dan pengabdian semakin baik kedepannya,” harapnya.

Selain itu, saat ini perpustakaan UNM juga tergabung dalam perpustakaan elektronik Indonesia Onesearch yang dibentuk oleh Perpustakaan Nasional yang menghimpun seluruh repositori perguruan tinggi di Indonesia. (*)


*Tulisan ini telah terbit di Tabloid Profesi edisi 207