Halifa Intania, Mahasiswa FSD UNM yang menjadi Duta Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. (Foto: Ist)
Halifa Intania, Mahasiswa FSD UNM yang menjadi Duta Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. (Foto: Ist)
Halifa Intania, Mahasiswa FSD UNM yang menjadi Duta Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Sulawesi Selatan (Sulsel) merupakan salah satu destinasi populer dalam Wonderful Indonesia, tagline pariwisata nusantara. Untuk menggenjot kunjungan wisatawan di Sulsel, duta promosi pariwisata menjadi perlu.

Bandara Sultan Hasanuddin International Airport Makassar (SHIAM) sebagai pintu gerbang utama “tamu” Sulsel tentu memiliki andil besar. Karena itu, otoritas bandara melalui Angkasa Pura I menggelar pemilihan duta bandara dalam melakukan promosi pariwisata.

Alhasil, Jumat (20/5) menjadi malam yang tak pernah disangka bagi Halifah Intania (20). Ia berhasil meraih gelar Juara Pemilihan Duta Bandara SHIAM. Mahasiswa Jurusan Seni Drama, Tari, dan Musik Fakultas Seni dan Desain UNM ini terpilih bersama dengan 2 duta lain dari 17 finalis. Dua duta lainnya merupakan mahasiswa Program Pascasarjana Unhas, Hasriani Ayu Lestari (22) dan Grace Florencia Parinding (22).

Mengikuti kontes pemilihan Duta Bandara SHIAM, sempat diawali rasa gentar oleh Halifah. Pasalnya, hari audisi bersamaan dengan jadwal kuliahnya. Ia pun pesimis karena masih asing dengan kontes tersebut dan lebih mementingkan perkuliahan.

Namun, takdir baik berpihak pada mahasiswa angkatan 2013 ini. “Entah ada angin apa, malamnya saya langsung dihubungi sama panitia kalau besoknya saya dibolehkan ikut untuk daftar,” kenang Halifah.

Ia lalu mengikuti serangkaian audisi meliputi pengumpulan berkas, tes fisik, wawancara, dan tes tertulis keesokan harinya. Selama audisi, ia kembali sempat merasa minder sebab saingannya kebanyakan mahasiswa S2 dan S3 serta berkemampuan Bahasa Inggris yang lancar.  “Tapi saya selalu bilang dalam diri saya, apapun itu saya harus lakukan sesuai dengan kemampuan saya sendiri, dan terus semangat mengikuti tes-tes nya,” tegasnya.

Pada saat tes bakat, Halifah unjuk kebolehan melalui aksi karate untuk bidang olahraga dan menari di bidang seni. Dara kelahiran Toraja ini memang sudah tak asing dengan dua kegiatan itu. Ia pernah mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional dan Pekan Olahraga Pelajar Daerah semasa SMA. Selain itu, ia juga telah mewakili Indonesia pada Festival Tari Tradisional di luar negeri.

Keberhasilan Halifah meraih gelar Duta Bandara SHIAM membawanya pada inaugurasi 34 Duta Bandara se-Angkasa Pura di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Dari ke-34 duta yang dikukuhkan, Halifah merupakan duta bandara termuda. “Sampai saat itu saya masih tidak menyangka bisa lolos menjadi duta,” tuturnya penuh haru.

Menjadi Duta Bandara SHIAM, tugas penting yang diemban Halifah ialah selaku pintu gerbang utama dalam promosi informasi wisata kepada tamu/penumpang di bandara. Tiga kali dalam seminggu, ia selalu setia berada di booth tourism information center bandara.

“Menjadi Duta Bandara, saya mau wujudkan Sulsel sebagai tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun internasional,” beber Putri Pariwisata Kab. Barru 2012 ini.

Pemenang Makassar Next Top Model 2016 ini pun gencar mempromosikan sejumlah objek wisata yang ditawarkan oleh keragaman alam dan budaya Sulsel. “Yang paling banyak kunjungan itu di Toraja, Bira, Maros, dan Makassar,” ungkapnya.

Selama menjadi Duta Bandara SHIAM, Halifah juga telah berhasil mengantarkan bandara tempat bertugasnya menerima Penghargaan Prima Madya oleh Kementerian Perhubungan RI. Penghargaan tersebut diraih atas pencapaian dengan indikator kepuasan pelayanan penumpang.

Keberhasilan lain dari pemeran film Panai’ dan Hadiah Untuk Ibu ini ialah mampu mengimbangi kesibukannya dengan kuliah. Hingga semester 7, ia mampu mempertahankan IPK 3, 84. Saat ini, Halifah juga tengah bersiap untuk mengabdi melalui KKN-PPL. “Di setiap kesusahan yang saya hadapi selalu berdoa sama yang kuasa dan Alhamdulillah selalu dapat kemudahan sehingga urusan kampus dan kerjaan semua terisi,” ujarnya.

Kendati telah memperoleh segudang prestasi akademik maupun modelling, Halifah selalu mendorong dirinya untuk tak cepat berpuas hati. Menurutnya, sikap selalu ingin tahu dan memiliki pengalaman baru dapat mengajarkannya beragam hal baru pula.

Dalam waktu dekat, rencananya ia akan mengikuti audisi Miss Celebrity 2016. “Mohon doanya ya, semoga bisa lolos dan tidak ada hambatan masuk audisi Miss Celebrity,” harapnya.

Biodata

Nama : Halifa Intania

TTL : Toraja, 30 Juni 1995

Riwayat Pendidikan:

  • TK Dharma Wanita Takkalasi (2000-2001)
  • SD Negeri 2 Unggulan Takkalasi (2001-2007)
  • SMP Negeri 1 Balusu (2007-2010)
  • SMA Negeri 1 Barru ( 2010-2013)
  • Sendratasik FSD UNM (2013-sekarang)

Prestasi:

  • Juara 1 Putri Pariwisata Barru (2012)
  • Wakil Indonesia di Festival Tari Internasional Melaka (2014)
  • Wakil Indonesia di Festival Tari Internasional Thailand (2014)
  • Juara Makassar Next Top Model (2016)
  • Juara Duta Bandara SHIAM (2016)

    Tulisan ini telah terbit di Tabloid profesi Edisi 208