Sejumlah mahasiswa Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) turut memperingati hari Sumpah Pemuda dengan menggelar aksi . Aksi tersebut berlangsung di depan gerbang utama kampus UNM Parangtambung (28/10).
Sejumlah mahasiswa Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) turut memperingati hari Sumpah Pemuda dengan menggelar aksi . Aksi tersebut berlangsung di depan gerbang utama kampus UNM Parangtambung (28/10). Adapun salah satu tuntuan yang dilontarkan seperti pemberhentian terhadap pungutan liar yang terjadi di FMIPA. (Foto: Resa Saputra-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Kimia (HMK) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar aksi memperingati hari Sumpah Pemuda. Aksi ini berlangsung di ¬†gerbang utama kampus UNM Parangtambung, Jum’at (28/10).

Ketua Umum HMK, Ikbal mengatakan dalam aksinya kali ini menyoroti banyaknya pungutan liar dalam kampus. Menurutnya pihak kampus seharusnya membenahi sarana dan prasarana kurang memadai.

“Banyak perilaku birokrasi kampus yang seenaknya memungut uang dari mahasiswa tanpa alasan yang jelas,” katanya.

Tak hanya itu, mahasiswa jurusan kimia ini mengungkapkan kekecewaannya kepada pihak dosen yang sering menjual buku dengan imin-iming nilai yang baik.

“Sikap yang intimidasi seperti harusnya dibuang jauh. Apalagi mereka adalah kaum akademisi, mestinya kami mahasiswa lebih di mudahkan,” ungkapnya.

Mahasiswa angkatan 2013 ini pun berharap kepada mahasiswa UNM dapat memainkan peran dalam kampus.

“Lewat Sumpah Pemuda ini, saya harapkan mahasiswa lebih berani memperjuankan suara kebenaran, seperti halnya yang dilakukan pendahulu kita,” harapnya. (*)


*Reporter: Nurul Charismawaty S