Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Husain Syam - (Foto: Dok. Profesi)
Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Husain Syam - (Foto: Dok. Profesi)
Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Husain Syam – (Foto: Dok. Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Hari Tani Nasional yang diperingati setiap tanggal 24 September menjadi momentum besar bagi para petani Indonesia. Rektor Universitas Negeri Makassar, Husain Syam turut memberikan komentar.

Menurutnya, dominasi penduduk Indonesia yang bermata pencaharian sebagai petani perlu disorot kembali. “Indonesia adalah negara agraris, biodiversity Indonesia-lah yang memimpin negara didunia. Karena itu pemerintah harus memberi perhatian khusus pada petani,” tuturnya saat dihubungi via media sosial, Sabtu (24/9).

Guru besar Pertanian ini melanjutkan, sebagai produsen bahan baku, sudah sepantasnya petani diposisikan sebagai mitra yang saling menguntungkan. “Regulasi pemerintah terhadap industri pengolah hasil pertanian, harus dikontrol. Sehingga, sebagian keuntungan harus dikembalikan ke petani,” kata Mantan Dekan Fakultas Teknik (FT) ini.

Tak hanya itu, Pria asal Polewali Mandar ini berharap Indonesia bisa maju dengan petani yang sejahtera. “Selamat Hari Tani Nasional. Semoga kebijakan pemerintah terhadap petani dapat mensejahterakan. Petani sejahtera berarti Indonesia maju,” harapnya. (*)


*Reporter: Nurul Charismawaty S