Mantan Pembantu Rektor Bidang Akademik (PRI) periode 2008-2012 dan 2012-2016, Sofyan Salam - (Foto: Dok. Profesi)
Mantan Pembantu Rektor Bidang Akademik (PRI) periode 2008-2012 dan 2012-2016, Sofyan Salam - (Foto: Dok. Profesi)
Mantan Pembantu Rektor Bidang Akademik (PRI) periode 2008-2012 dan 2012-2016, Sofyan Salam – (Foto: Dok. Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Hasil tidak pernah mengkhianati usaha. Itulah quote yang pantas untuk Eks. Pembantu Rektor Bidang Akademik  Universtas Negeri Makassar (UNM), Sofyan Salam . Ahli seni rupa yang memiliki kemampuan bahasa inggris hingga mengantarkannya meraih beasiswa Fulbright di Amerika Serika.

Terlahir dari keluarga yang hidup berkecukupan tak menyurutkan niat Sofyan Salam untuk mempelajari bahasa internasional yaitu bahasa inggris. Tak mampu membeli kamus bahasa inggris bukanlah penghalang. Ada pepatah yang mengatakan “Banyak jalan menuju Roma”. Tak mamapu membeli kamus bukan berarti tak belajar bahasa inggris.

Dengan bermodalkan niat ingin sukses dan membahagiakan orangtuanya Sofyan Salam dengan gigihnya menyalin kamus milik temannya demi belajar bahasa inggris. “Saya salin dengan tulisan tangan saya sendiri kamus milik teman saya. Bayangkan bagaimana tebalnya,”kenangnya.

Buah kerja kerasnya mempelajari bahasa asing itu pulalah yang mengantarkannya  hingga meraih beasiswa Fulbright di Amerika Serikat. Bahkan peraih beasiswa Fulbright di IKIP Ujung Pandang kala itu 1986 hanyalah Sofyan Salam seorang. Mengikuti berbagai seleksi mulai dari seleksi tingkat fakultas, universitas hingga nasional.

“Setelah selaksi ternyata saya lolos untuk kursus bahasa inggris di Malang selama dua bulan kemudian berkomperisi lagi untuk mendapatkan beasiswa  Fulbright,” ceritanya.

Berguru dan menetap di Negeri Paman Sam, tak  menjadikan ayah dua anak ini melupakan UNM. Universitas yang telah mengukir jejak sejarah perjalanan karirnya menjadi seorang yang sukses. Memberikan gelar Phd di belakang nama Sofyan Salam.

Kembali mengabdi sebagai dosen seni rupa di Fakultas Seni dan Desain (FSD) UNM setelah belajar selama dua tahun di benua Amerika. Memperoleh  bekal pendidikan yang akan  diterapkan di UNM.

“Biaya pendidikan di Amerika sangat mahal, sehingga mahasiswanya sangat bersungguh-sungguh untuk belajar, bahkan disiplin waktunya sangat tinggi” ungkapnya.

Hingga bermodalkan pengalaman dalam hal bidang akademik itu pulalah yang menjadikannya sebagai Pembantu Rektor Bidang Akademik dibawah kepemimpinan Arismunandar di umur yang ke 64 tahun.

Beasiswa Fulbright merupakan beasiswa yang berikan kepada mahasiswa berprestasi yang berasal dari Indonesia dan memeiliki mimpi kuliah di Amerika Serikat, dibawahi oleh AMINEF. Beasiswa ini dibuka setiap tahunnya melalui seleksi tertentu.

Biodata:

Nama: Prof. Sofyan Salam, MA, PhD.

Tempat/tgl lahir : Palima Bone, 24 Oktober 1952


Tulisan ini pernah terbit di tabloid Profesi Edisi 206