Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia oleh seluruh civitas UNM di Pelataran Menara Pinisi 17/8. (Foto: Tahrin-Profesi)

DSC_0751PROFESI-UNM.COM – Upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tiap tahunnya dihelat oleh Universitas Negeri Makassar (UNM). Pada perayaan kali ini, banyak hal yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

1. Tempat
Untuk pertama kalinya, tempat pelaksanaan upacara pengibaran duplikat bendera sang saka merah putih berlangsung di pelataran Menara Pinisi. Sebelumnya, upacara selalu digelar di halaman Auditorium Amanagappa.

2. Inspektur
Perbedaan paling menonjol di upacara ini adalah inspektur upacara yang dipimpin oleh Husain Syam, selaku Rektor UNM. Tahun ini menjadi tahun pertama bagi Husain dalam memimpin upacara HUT Ke-71 Republik Indonesia pasca terpilih sebagai rektor.

3. Marching Band
Kemeriahan pelaksanaan upacara hari kemerdekaan RI diiringi oleh marching band. Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi (PPGT) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) didapuk menjadi pengiring. Macrhing band PPGT PGSD membawakan medley lagu nasional serta Sambalado, lagu Ayu Tingting. (*)


*Penulis: St Aminah