Peserta SM3T angkatan VI UNM saat mengikuti prakondisi, yang berlangsung di Ruang Teater Lt. 3 Menara Pinisi, Selasa (16/8).
Peserta SM3T angkatan VI UNM saat mengikuti prakondisi, yang berlangsung di Ruang Teater Lt. 3 Menara Pinisi, Selasa (16/8).

PROFESI-UNM.COM – Sebelum terjun langsung di daerah, hari ini sebanyak 328 peserta Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan,  Terluar, dan Tertinggal (SM3T) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengikuti prakondisi sebagai persiapan . Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang Teater Lt. 3 Menara Pinisi UNM, sejak 15 hingga 31 Agustus mendatang.

Koordinator SM3T UNM angkatan VI,  Darmawan menerangkan, prakondisi ini dilakukan untuk memberikan gambaran secara langsung kepada peserta mengenai wilayah yang akan
ditempati mengabdi selama satu tahun ke depan.

“Ini seperti pembekalan agar lebih mengenal kondisi daerah tujuan,  selain itu supaya peserta paham dan tau cara mengatasi jika ada masalah atau kendala di daerah penugasan, ” terangnya.

Lebih lanjut,  Dosen Fakultas Teknik ini mengungkapkan, setelah tahap prakondisi akan dilanjutkan dengan pelepasan dan pemberangkatan yang akan dilaksanakan 1 September mendatang.

“Nanti akan dilepas secara langsung oleh Menteri Pendidikan sementara itu pemberangkatannya akan dilakukan secara bertahap, ” tutupnya.

Adapun daerah sasaran penempatan SM3T UNM angkatan VI,  yakni:
1. Kabupaten Merauke 54 orang.
2. Kabupaten Nabire  (Provinsi Papua) 55 orang.
3. Kabupaten Boven Digul 55 orang.
4. Kabupaten Kepulauan Buru 53 orang.
5. Kabupaten Konawe Kepulauan (Sulawesi Tenggara) 54 orang.
6. Kabupaten Tojo Una-una (Sulawesi Tengah) 56 orang. (*)

*Reporter: Ratna