Tim PKM-M dan Volunteer saat mensosialisasikan KAMAKI di SD Negeri Tidung dan SD Mapala- (Foto: Ist)
Tim PKM-M dan Volunteer saat mensosialisasikan KAMAKI di SD Negeri Tidung dan SD Mapala- (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M), yakni Handiswan dan Agri Yanto dari PTIK, St. Hajrah dari PGSD, dan Kasma dari jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia mengadakan KAMAKI (Komik Anak Masa Kini) Road To School Season Empat. Sosialisasi tersebut dilakukan di Sekolah Dasar (SD) BTN IKIP II Makassar, SD Negeri Tidung, SD Inpres Mapala, SD Inpres Mallengkeri, dan SD Negeri Parangtambung II.

KAMAKI merupakan komik yang dirancang memperkenalkan anak tentang penggunaan internet yang baik. Komik ini mengandung nilai-nilai pendidikan karakter sehingga anak akan terbentengi untuk tidak melakukan penyalahgunaan internet sejak dini. Program tersebut telah dilaksanakan sejak 1 Agustus lalu.

KAMAKI Road to School dibuat untuk memperluas sosialisasi KAMAKI ke setiap sekolah yang ada di Kota Makassar. Program ini merupakan program tambahan dari TIM PKM-M KAMAKI dengan harapan dapat menjadi bahan bacaan disetiap sekolah. Bukan hanya di Makassar, kegiatan ini juga telah digelar di Kepulauan Riau, Sumatera dan rencana akan diadakan di Wajo.

Untuk mensukseskan kegiatan ini, tim juga mengajak beberapa mahasiswa untuk ikut serta berpartisipasi sebagai volunteer dalam kegiatan tersebut. Sejauh ini, KAMAKI dapat respon positif dari beberapa pihak. “Ini sangat bagus karena mengajarkan anak cara berinternet yang positif karena sekarang sedang marak kasus penyalahgunaan internet” tutur Ibu Lena, guru SD BTN IKIP II.

TIM PKM-M KAMAKI berhasil lolos seleksi PIMNAS yang diadakan oleh DIKTI dari dua tim yang lolos di Universitas Negeri Makassar (UNM). Mereka akan mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XXIX yang akan dilaksanakan di IPB (Institut Pertanian Bogor) 8 Agustus mendatang.


*Penulis: St. Hajrah, Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Angkatan 2012