Mahasiswa UNM mendampingi uji coba OBINO, kepada siswa di SMPN 26 Makassar (Foto: Ist)
Mahasiswa UNM mendampingi uji coba OBINO, kepada siswa di SMPN 26 Makassar (Foto: Ist)
Mahasiswa UNM mendampingi uji coba OBINO, kepada siswa di SMPN 26 Makassar (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Onet Binomial Nomenclature (OBINO), game edukatif yang terintegrasi pada smartphone ini merupakan karya cipta dari kolaborasi empat mahasiswa UNM yaitu Muh. Romario dari Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Rahmayani dari Biologi ICP, Algha Sanjaya dari Bimbingan Korseling dan Reski Amelya dari Pendidikan TIK. Bentuk realisasi dari Program Kreativitas Mahasiswa Karya Cipta (PKM-KC) ini diuji cobakan kepada siswa SMP 26 Makassar, Rabu (15/6).

Game edukatif yang membantu siswa dalam memahami tata nama binominal nomenclature (tata nama ilmiah tumbuhan) ini, dibuat untuk menunjang pembelajaran yang masih menggunakan media konvensional menjadi media teknologi.

“Latar belakang diadakannya program ini adalah, kita melihat bahwa media pembelajaran yang saat ini digunakan di beberapa sekolah, masih bersifat konvensional sehingga kita berpikir untuk menyisipkan sentuhan teknologi yang harus diterapkembangkan dengan membuat game edukatif penamaan ilmiah tumbuhan ini,” jelas Mario, selaku Ketua TIM.

Lebih lanjut, Mario menambahkan siswa beserta guru SMPN 26 Makassar mendukung adanya game tersebut dilihat dari antusiasnya menyambut game edukatif tersebut.

“Peserta didik di SMPN 26 Makassar ini sangat menyambut baik datangnya game edukatif ini dilihat dari antusias mereka saat menggunakan OBINO ini, begitupun dengan guru biologinya bisa terbantu dalam proses belakar mengajarnya,”tandasnya. (*)


*Reporter: Nurul Charismawaty S