Calon mahasiswa baru saat mengikuti tes jalur mandiri di Auditorium Ammanagappa, Universitas Negeri Makassar. (Foto: Dok - Profesi)
Calon mahasiswa baru saat mengikuti tes jalur mandiri di Auditorium Ammanagappa, Universitas Negeri Makassar. (Foto: Febriawan Djalil - Profesi)
Calon mahasiswa baru saat mengikuti tes jalur mandiri di Auditorium Ammanagappa, Universitas Negeri Makassar. (Foto: Febriawan Djalil – Profesi)

PROFESI-UNM.COM– Tahun ini, terdapat tiga Program Studi (Prodi) di Universitas Negeri Makaşsar (UNM) yang tidak membuka pendaftaran jalur mandiri. Ketiga prodi tersebut ialah, Manajemen, Akuntansi, dan Psikologi.

Hal ini disampaikan Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I), Sofyan dalam, dalam Konferensi Pers SBMPTN Panlok 80-UNM, yang berlangsung di rumah makan New Ujung Pandang Sea Food, Selasa (31/5).

Sofyan Salam menjelaskan, ketiga Prodi ini tidak membuka jalur mandiri karena ketetapan dari masing-masing Prodi. “Hal ini sudah ditetapkan prodi yang bersangkutan, mereka hanya menerima mahasiswa lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN saja,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ketua Panlok 80-UNM ini menambahkan, dua dari tiga prodi yang tidak membuka jalur mandiri ini termasuk prodi yang paling banyak peminatnya di SBMPTN tahun ini. “Prodi itu ialah Manajemen dengan pendaftar sebanyak 3128 orang dan Akuntansi sebanyak 1501 orang,” tambahnya.

Sementara itu, pendaftaran jalur mandiri akan dibuka dua minggu sebelum pengumuman SBMPTN. “Sampai sekarang panitianya belum terbentuk, namun kemungkinan akan dibuka sekitar tanggal 18 Juni,” tutup Guru Besar Seni Rupa ini. (*)


*Reporter: Ratna