13236180_120300000004839394_1084704786_nPROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) adakan Sosiologi Fest. Kegiatan ini berlangsung di GaseboFIS UNM, Kamis (19/5).

Ketua Team Work, Baso Marewa mengatakan, acara yang bertemakan “Satu Dunia, Satu Cinta: Kaum Muda Lawan Kekerasan Seksual” ini bertujuan untuk mengkampanyekan gerakan menolak kekerasan seksual dikalangan perempuan.

“Kekerasan seksual sekarang marak terjadi, bukan hanya wanita dewasa tetapi anak-anak pun sekarang sudah menjadi korban pelecehan seksual,” tuturnya.

Lebih lanjut, mahasiswa angkatan 2012 ini menambahkan, setelah kegiatan ini, para pengurus Hima Jurusan Sosiologi akan membentuk Posko Pengaduan terkait dengan kekerasan seksual.

“Sebagai langkah lebih lanjut, kami akan membentuk Posko Pengaduan. Posko ini merupakan wadah bagi para korban kekerasan seksual untuk melakukan pengaduan agar dapat ditindaklanjuti,” jelasnya.

Sementara itu, Ninis Arefni selaku pemateri menuturkan, kekerasan seksual saat ini semakin marak terjadi dan perempuan selalu menjadi pihak yang disudutkan. Masalah kekerasan seksual harus menjadi perhatian serius bagi semua elemen, agar kasus yang sama tidak bertambah lagi

“Perempuan tidak pernah dianggap sebagai korban, melainkan selalu disalahkan dan dianggap sebagai penyebab terjadinya kekerasan seksual yang kini banyak menimpa kaum hawa, Pemerintah bersama masyarakat, tak terkecuali mahasiswa, harus melakukan gerakan menolak aksi kekerasan terhadap perempuan,” toreh anggota Serikat Perempuan Indonesia- Federasi Mahasiswa Kerakyatan (SRIKANDI-FMK) Makassar ini.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh sejumlah lembaga eksternal, diantaranya Front Perjuangan Pemuda Indonesia(FPPI) Makassar, Federasi Mahasiswa Kerakyatan (FMK) Makassar, dan FOSIS UMI. (*)


*Reporter: Ratna