Husain Syam saat menandatangani berkas pelantikan rektornya. (Foto: febriawan Djalil - Profesi)
Husain Syam saat menandatangani berkas pelantikan rektornya. (Foto: febriawan Djalil - Profesi)
Husain Syam saat menandatangani berkas pelantikan rektornya. (Foto: febriawan Djalil – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Husain Syam telah resmi menjabat sebagai Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM). Selama empat tahun kedepan ia akan menakhodai kampus orange ini. Husain Syam dilantik oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Muhammad Natsir, Selasa (17/6) di Lantai 2 Gedung D Kemristekdikti, Jakarta.

Setelah resmi menjadi rektor, Paturungi Parawangsa rektor periode 1982-1990 berpesan kepada rektor yang baru agar kedepannya dalam menjalankan tugas-tugasnya selalu transparan kepada civitas akademika UNM.

“Saya ingin menekankan, rektor harus memiliki sifat Integritas, yang artinya memiliki ketulusan hati dan kejujuran dalam memimpin sehingga UNM akan memiliki sistem administrasi yang baik,” katanya.

Tak hanya itu, ia menegaskan bahwa seorang rektor harus memiliki sifat Intelegensi, yang diartikan bahwa seorang rektor harus memiliki kecerdasan karena jabatan rektor berada dalam lingkungan akademisi.

Selain Paturungi Parawansa, Arismunandar selaku rektor dua periode juga mengatakan hal yang harus dilakukan oleh rektor yang baru tentunya melakukan hal-hal yang akan mengembangkan Universitas.

“Dari sisi akademik Publikasi Jurnal Internasional menjadi pesan utama saya kepada rektor yang baru, karena disitulah dilihat ukuran-ukuran perguruan tinggi dilihat kemampuannya melakukan publikasi.” kata pria kelahiran Sinjai ini.

Ia menambahkan, memiliki sifat capability dalam memimpin, yang artinya memiliki kemampuan untuk memimpin. Selain itu, Sumber Daya Manusia (SDM) ini yang telah bagus didorong untuk lebih baik lagi, rasio ini mesti kita pertahankan, sisa-sisa pembenahan sedikit untuk meningkatkan. Selebihnya itu merupakan hak integritas rektor yang baru. (*)


*Reporter: Febriawan Djalil