Daftar Program Studi di UNM dengan akreditasi C dan akan kadaluarsa.
Daftar Program Studi di UNM dengan akreditasi C dan akan kadaluarsa.
Daftar Program Studi di UNM dengan akreditasi C dan akan kadaluarsa.

PROFESI-UNM.COM – SK akreditasi bagi tujuh prodi di UNM, dalam waktu dekat ini akan basi. Namun, hanya dua di antaranya, Psikologi dan Ilmu Keolahragaan, telah mengajukan reakreditasi. Lima sisanya belum menunjukkan riak penanda pembenahan administrasi.

Kelima prodi tersebut ialah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1, Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1, Geografi S1, Pendidikan Biologi S1, dan Pendidikan Matematika S2.

Selama ini, kerap terjadi, prodi baru berbenah beberapa waktu sebelum visitasi dilakukan oleh BAN PT. Seperti dikonfirmasi oleh Ketua Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Muhammad Saleh. Ia mengatakan, timnya saat ini baru mulai membuat borang perpanjangan akreditasi padahal akan kedaluwarsa pada Oktober mendatang. “Kami mulai membuat borang untuk memperpanjang akreditasi,” ujarnya.

Ia pun hanya berharap agar akreditasi B saat ini mampu naik level. “Kami sudah mulai membenahi fasilitas penunjang untuk berjalannya proses akademik,” akunya.

Sementara itu, Ketua Prodi Pendidikan Matematika S2, Nurdin Arsyad berdalih, tim saat ini tinggal menunggu jadwal pengiriman borang dikarenakan saling menunggu sesama prodi di Program Pascasarjana. “Untuk berkas-berkas dari tim kami semua sudah rampung, jadi kita tinggal menunggu prodi lainnya di lingkup Pascasarjana untuk mengirim berkasnya” dalihnya.

Ia pun menargetkan, agar dalam pengiriman borang nanti akreditasi A dapat dicapai, seperti halnya pada Prodi Matematika S1 dan Pendidikan Matematika S1. “Borang kami sudah siap kirim, dan kami menargetkan prodi kita bisa mencapai akreditasi A,” harapnya. (*)


*Febriawan Djalil, Nurul Charismawaty S, Resa Saputra, Noval Kurniawan

Tulisan Ini Terbit di Tabloid Profesi Edisi 202