Peringatan Hari Pendidikan Nasioanal di pelataran Gedung Pinisi, Senin (2/5). (Foto: Muh. Agung Eka S - Profesi)
Peringatan Hari Pendidikan Nasioanal di pelataran Gedung Pinisi, Senin (2/5). (Foto: Muh. Agung Eka S - Profesi)
Peringatan Hari Pendidikan Nasioanal di pelataran Gedung Pinisi, Senin (2/5). (Foto: Muh. Agung Eka S – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – 2 Mei yang diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasioanal (Hardiknas) merupakan hari lahir Ki Hajar Dewantara, seorang tokoh pendidikan Indonesia. Euforia Hardiknas turut pula dirasakan dan diperingati di Universitas Negeri Makassar (UNM) dengan mengusung tema “Ayo Kerja, Inovatif dan Kompetitif”, prosesi ini berlangsung di pelataran Gedung Pinisi, Senin (2/5).

Dalam sambutanya, Rektor UNM, Arismunandar mengatakan Hardiknas diperingati bukan hanya untuk mengenang jasa Ki Hajar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia dan seluruh pejuang pendidikan, namun juga untuk merefleksikan pendidikan di Indonesia.

“Kita harus merefleksikan berbagai upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang nantinya menjadi tonggak upaya kita selanjutnya untuk memberikan layanan pendidikan yang berkualitas,” katanya.

Lebih lanjut, ia menambahkan jika dalam peringatan Hardiknas iniĀ  perlu dilakukan upaya demi mendorong spirit untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

“Kita perlu mendorong spirit pendidkan termasuk dalam penguasaan bahasa asing (Cina, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab), hal ini sangat diperlukan untuk mempermudah dalam bersaing di dunia kerja kedepannya di Era Mea ini,” tambahnya.

Ia pun berpesan semoga lewat peringatan Hardiknas ini nilai-nilai perjuangan Ki hajar dewantara dapat tetap tumbuh dan menjadi pelopor semangat pendidkan Indonesia. “Semoga nilai-nilai perjuangan Ki Hajar Dewantara tetap tumbuh dan pendidkan Indonesia lebih baik dan berkualitas,” harapnya.

Dalam peringatan Hardiknas ini turut pula dirangkaikan dengan penandatanganan selubung peresmian gedung Pinisi dan pembukaan prasasti serta ramah tamah yang diramaikan oleh seluruh civitas akademika UNM. (*)

*Ratna