Prof Jasruddin
Prof Jasruddin

PROFESI -UNM.COM – Peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) sangat penting untuk membimbing anak didik di jenjang pendidikan formal. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Program Pascasarjana (PPs) UNM, Jasruddin saat membuka seminar dan workshop Bimbingan dan Konseling di Aula Gedung PPs UNM, Sabtu (24/4).

“Tugas guru BK adalah sejak awal mengarahkan peserta didik menjadi dirinya sendiri melalui minat dan bakatnya. Guru BK tidak mesti ditakuti namun harus menjadi sahabat bagi anak didiknya,” jelasnya.

Lanjutnya, Kurikulum 2013 mesti menjadi pedoman dalam mengimplementasikan pengembangan program BK di sekolah. “Sebenarnya kurikulum kita sudah bagus, hanya saja implementornya tidak bisa mengimplementasikannya di lapangan. Saya rasa kurikulum 13 ini merupakan penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya,” ujarnya.

Seminar dan workshop BK ini mengusung tema “Pengembangan Program BK Berbasis Kurikulum 2013”. Sebanyak 450 peserta yang terdiri dari praktisi pendidikan, pengawas, dosen, dan guru BK dari berbagai daerah di Sulsel turut meramaikan kegiatan ini . (*)


*Reporter: Ratna